Minggu, 20 Juni 2010

JEMBATAN GANTUNG YANG TERBUAT DARI RUMPUT

  
Kemajuan bidang konstruksi jembatan ternyata tidak semua dimanfaatkan.Masih ada saja yang bertahan dengan sistem konstruksi tradisional yang masih bertahan hingga ribuan tahun.The Qeswachaka adalah jembatan gantung, dari Cuzco, Chile, yang terbuat dari rumput lokal bernama Qoya.Terletak sekitar 100 Km dari Cuzco, jembatan Qeswachaka yang dibangun pada zaman kerajaan Inca, tapi sekarang yang satu-satunya di dunia.


Membentang 120 meter di atas sungai Apurimac, sekitar 13.000 kaki di atas air, Qeswachaka (juga dieja Q’eswachaka atau Keswachaka) dibangun dengan menggunakan teknik Qhapaq nan kuno, oleh orang-orang suku Inca.Terbuat dari rumput yang tumbuh didaerah tersebut, yang dikenal sebagai Qoya. Sekitar 1.000 pria dan wanita, dari berbagai komunitas Andes berkumpul di jembatan Qeswachaka, setiap minggu kedua bulan Juni, untuk upacara pembangunan kembali. Rumput Qoya yang dianyam menjadi satu dan saling terikat satu sama lain.

Bukan berarti membangun jembatan yang lebih modern tidak mungkin, tapi ini merupakan cara bagi orang-orang Andes untuk merayakan dan menghormati nenek moyang mereka , dan menjaga tradisi selama berabad-abad mereka hidup.


Sumber:http://dia-akan-selalu-ada.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar